Blogroll

Selasa, 21 Februari 2012

Mengenal Windows Server 2008 R2

Perusahaan yang bergantung pada sistem informasi untuk menjalankan bisnisnya pasti
membutuhkan sebuah sistem operasi yang berfungsi sebagai server. Fungsi sistem operasi ini
biasanya ditujukan untuk manajemen pengguna, hak akses atas suatu file atau folder,
manajemen komputer, manajemen datacenter, web server, dan lain-lain. Windows Server
2008 R2 dibuat untuk mendukung operasional seperti itu.

Windows Server 2008 R2 didesain untuk mesin berarsitektur 64-bit. Pemilihan arsitektur ini diikuti dengan perbaikan kemampuan Windows Server. Sehingga kemampuan untuk memanfaatkan processor dan memory semakin baik. Di masa yang akan datang, arsitektur ini akan menjadi standar sistem operasi buatan Microsoft. Windows Server 2008 R2 sendiri adalah pengembangan dari
versi sebelumnya, yaitu Windows Server 2008. Salah satu kemampuan utama Windows
Server adalah manajemen user dan group policy yang mudah dan aman. Semua itu
disediakan dalam Active Directory.

Active Directory mengatur hak akses user, manajemen group policy, membentuk organizational unit, security, dan lain-lain. Active Directory merupakan jantung utama dari domain controller pada Windows Server. Domain Controller adalah server yang bertanggung jawab dalam hal pembuatan user, logging, cek hak akses user, dan lainlain dalam suatu jaringan berbasis Windows. Hampir semua aplikasi buatan Microsoft di lingkungan Windows Server membutuhkan domain controller dan Active Directory. Oleh karena itu, jika mengimplementasikan Windows Server, Domain Controller dan Active Directory wajib diinstalasi. Edisi Windows Server 2008 R2 Windows Server 2008 R2 akan dirilis dalam delapan edisi. Masing-masing edisi disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Berikut adalah edisi Windows Server 2008 R2 yang bakal diluncurkan :
  • Foundation
  • Standard
  • Enterprise
  • Datacenter
  • Web server
  • HPC Server
  • Itanium Based System
Foundation Windows Server edisi ini tergolong entrylevel. Berbiaya murah dan ditujukan pada
usaha kecil menengah yang belum memiliki team IT. Pada edisi ini hanya ditampilkan fitur standar.

Standard
Edisi ini sudah dilengkapi dengan Web dan Application Virtualization. Juga dilengkapi dengan kemampuan network dan security yang lebih baik.

Enterprise
Edisi yang lebih lengkap dengan kemampuan virtualization dan mobility untuk pengguna yang mobile. Edisi ini mendukung penghematan energi dan manajemen server yang lebih mudah.

Datacenter
Ditujukan untuk kelas enterprise. Mendukung virtualization dengan intensitas tinggi. Cocok digunakan untuk aplikasi yang tergolong mission critical dan memerlukan tingkat ketersediaan yang tinggi.


Web Server
Digunakan untuk keperluan web server. Dukungan IIS 7 serta DNS Server yang berada
di dalamnya memungkinkan pengguna membuat web server berbasis Windows.


HPC Server
High Performance Computing (HPC) server ini ditujukan untuk kebutuhan perhitungan yang kompleks dan sangat ekstensif menuntut kerja prosesor yang tinggi.

Itanium Based System
Edisi yang digunakan pada mesin berbasis Intel Itanium. Digunakan untuk sistem yang membutuhkan proses yang ekstensif dengan memanfaatkan arsitektur Intel Explicitly Parallel Instruction Computing (EPIC). Perbandingan Berdasarkan Server Role Windows Server memiliki server role. Role ini bisa berbeda pada setiap edisi.

Kebutuhan Dasar Sistem Windows Server dapat diinstal pada mesin yang sudah sesuai dengan ketentuan atau spesifikasi.

Apa yang Baru ?
Windows Server 2008 R2 dapat diinstal dengan dua model. Yaitu model GUI (Graphical User Interface) seperti tampilan Windows biasa. Serta model Core, yaitu tidak ada GUI dalam mengoperasikan Windows. Hanya command prompt yang ditampilkan pada layar. Windows Server 2008 R2 dibangun dengan pembaruan lima pilar utama. Lima pilar utama ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari versi sebelumnya. Kelima pilar itu adalah :
  • Web Application Platform
  • Virtualization
  • Skalabilitas dan Reliabilitas
  • Manajemen
  • Dukungan pada Windows 7
Web Application Platform
Fitur-fitur baru di IIS 7.5, selain bisa menjalankan web berbasis ASP.NET juga bisa menjalankan aplikasi berbasis PHP. Selain itu server juga dioptimasi untuk web dan keamanan yang lebih ditingkatkan. Manajemen web server yang memudahkan administrator dalam hal mengatur web serta
mengatasi troubleshooting. Virtualization Virtualization adalah primadona bagi dunia server saat ini. Kemampuan untuk menjalankan beberapa sistem operasi sekaligus dalam satu mesin membuat penghematan tempat, listrik, dan biaya perawatan. Skalabilitas dan Reliabilitas Windows Server 2008 R2 benar-benar memanfaatkan CPU semaksimal mungkin, kemampuan ketersediaan media penyimpanan data, peningkatan kecepatan dalam menjalankan aplikasi. Kemampuan jaringan juga
ditingkatkan dengan adanya NAP (Network Access Protection).

Manajemen
Manajemen server semakin dipermudah dan dikumpulkan dalam satu tools. Beberapa manajemen yang mengalami peningkatan antara lain manajemen file dan manajemen power (listrik). Dukungan Pada Windows 7 Sebagai sistem operasi terbaru, Windows 7 tentu saja sangat mendukung Windows Server 2008 R. Fitur DirectAccess, koneksi remote, manajemen password dan lain-lain semuanya
digunakan untuk saling mendukung antara fitur di Windows Server dan Windows 7. Terutama sekali fitur-fitur yang berkaitan dengan korporat. Bagaimana Memulai Windows Server 200 R2 ?
Untuk memahami lebih jauh tentang Windows Server 2008 R2, bisa dimulai dengan mengunjungi situs :
http://www.microsoft.com/windowsserver2008/en/us/trial-software.aspx Pada situs tersebut, bisa didownload versi trial Windows Server 2008 R2.

Setelah mendownload, cobalah lakukan instalasi pada mesin yang sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan sistem bisa dilihat pada situs :
//www.microsoft.com/windowsserver2008/en/us/system-requirements.aspx

Untuk mengenal lebih jauh tentang Windows Server 2008 R2, bisa melakukan test drive dengan cara mengeksplorasi situs :
http://www.microsoft.com/heroeshappenhere/testdrive/windows-server-2008/default.mspx

Untuk mendalami seluk-beluk Windows Server2008 R2, bisa mengeksplorasi situs :
http://technet.microsoft.com/en-us/library/bb625087.aspx

Untuk mempelajari Windows Server 2008 R2 dari situs lokal, silakan mengeksplorasi situs :
http://www.wss-id.org/

Demikianlah penjelasan singkat tentang Windows Server 2008 R2. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Salam BKom.

0 komentar:

Posting Komentar