Blogroll

Selasa, 21 Februari 2012

Dasar Pengenalan tentang Komputer

Teknologi telah berkembang pesat. Seperti halnya radio, televisi, dan telepon, komputer kini telah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Komputer sudah biasa kita jumpai di sekolah, perkantoran, di tempat umum, bahkan di rumah tangga. Komputer banyak digunakan karena dapat menunjang berbagai kebutuhan dan aktivitas manusia. Artikel ini akan memberikan gambaran secara umum tentang apa dan bagaimana komputer.


Jenis Komputer.
Dewasa ini komputer telah berkembang menjadi berbagai jenis, sesuai ukuran dan kegunaannya.
  • Personal Computer (PC) atau Microcomputer, yaitu komputer yang didesain untuk dipakai oleh perorangan. Komputer jenis ini yang lazim kita temukan, baik PC Desktop yang ada di meja-meja perkantoran, maupun Laptop yang bisa dibawa ke mana-mana itu.
  • Desktop, komputer PC yang didesain untuk dipasang secara permanen di satu tempat. Jenis inilah yang telah lama dikenal masyarakat luas. Laptop atau Notebook, komputer PC yang didesain untuk bisa digunakan secara fleksibel, mudah berpindah lokasi, dan lebih hemat energi.
  • Personal Digital Assistant (PDA) atau komputer genggam, yaitu komputer yang didesain ringkas tanpakeyboard dan berukuran mungil. Pengoperasiannya melalui layar sentuh. Workstation, komputer PC berspesifikasi teknis dan kemampuan yang lebih tinggi untuk dipakai dalam kerja berkelompok.
  • Server, komputer berspesifikasi teknis yang tinggi, digunakan sebagai induk jaringan komputer. Tugasnya melayani komputer-komputer di jaringannya. Mainframe, komputer server berskala
    besar, biasanya digunakan untuk server di kalangan perusahaan besar.
  • Supercomputer, gabungan beberapa komputer yang didesain untuk bekerja secara paralel membentuk sebuah sistem komputer, seakan-akan menjadi sebuah komputer super.
  • Wearable Computer, aplikasi komputer yang diintegrasikan dengan perangkat teknologi lain, seperti pada jam, ponsel,dan sebagainya.

Cara Kerja Komputer
Komputer bekerja berdasarkan instruksi pemakai, menerima informasi yang diberikan dari piranti input, mengolah dan menyimpan data selama pemrosesan di memori, lalu hasilnya dikeluarkan melalui piranti output. Komputer tersusun atas 4 bagian yang saling berhubungan :
  • Unit Kontrol, yaitu bagian pusat kontrol beragam komponen komputer.
  • Unit Aritmatika dan Logika (ALU), yaitu bagian yang berfungsi untuk melakukan perhitungan matematis dan logika.
  • Memori, yaitu komponen komputer untuk menyimpan informasi komputer.
  • Piranti Input dan Output, yaitu piranti yang digunakan untuk memberi informasi agar diolah komputer dan piranti untuk menyimpan hasil kerja komputer.
Piranti Utama Komputer :
1. Layar Monitor
2. Motherboard
3. CPU
4. RAM Memori
5. Kartu Ekspansi
6. Power Supply
7. CD-ROM Drive
8. Harddisk
9. Papan Ketik
10. Mouse

Piranti Pendukung
Untuk menunjang kemampuan komputer, digunakan piranti pendukung untuk keperluan tertentu. Beberapa di antaranya :
  • Printer: untuk mencetak teks & gambar.
  • Scanner: untuk menginput objek gambar dan tulisan menjadi file komputer.
  • Webcam: kamera video untuk menginput tampilan visual.
  • Headset & Microphone: untuk mendengar output suara dan menginput suara.
Media Simpan
Agar data yang dihasilkan komputer dapat disimpan, maka digunakan media simpan :
  • Harddisk: alat simpan internal yang pasti ada di komputer modern. Kapasitasnya sangat besar.
  • Disket: alat simpan eksternal dengan ukuran fisik dan kapasitas simpan yang kecil. Saat ini mulai jarang dipakai.
  • Zip Drive: alat simpan eksternal dengan kapasitas simpan yang relatif besar. Saat ini juga mulai jarang dipakai.
  • Keping CD & DVD: alat simpan eksternal berbentuk cakram dengan kapasitas simpan menengah. Biasa dipakai untuk menyimpan file multimedia atau data cadangan. Saat ini banyak digunakan.
  • USB Flash Disk: alat simpan eksternal seukuran korek api dengan kapasitas simpan relatif besar. Kini semakin berkembang dan banyak digunakan.

Sistem Operasi
Sistem operasi adalah perangkat lunak yang menjadi dasar operasi sebuah komputer. Tanpa sistem operasi, program atau aplikasi komputer tidak dapat dijalankan. Sistem operasi lah yang menjadi perantara antara perangkat komputer dan pemakai. Beberapa sistem operasi yang populer di
dunia antara lain :

Windows
Sistem operasi Windows dikembangkan oleh Microsoft. Saat ini merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di tanah air. Sistem operasi ini adalah produk komersial, sehingga pemakai komputer harus membeli lisensi sebelum menggunakannya. Beberapa varian Windows di antaranya:
Windows NT, Windows 98, Windows XP, Windows Vista, Windows Server 2008, dan yang akan datang Windows 7.

Unix
Merupakan sistem operasi tertua di dunia. Sistem operasi ini bahkan telah menjadi dasar pengembangan sistem operasi lain, misalnya System V, BSD, Mac OS, dan Linux.

Linux
Sistem operasi turunan Unix yang sangat populer karena dikembangkan secara gotong-royong dan bersifat gratis. Karena sifatnya terbuka atau Open Source, maka ada ratusan varian Linux, antara lain Debian, Ubuntu, Fedora, Slackware, dan Knoppix. Beberapa di antaranya juga dikemas menjadi
produk komersial, misalnya SuSE dan Redhat.

Mac OS
Merupakan sistem operasi turunan Unix yang dikembangkan oleh Apple. Sama seperti Windows, Mac OS merupakan produk komersial. Umumnya sistem operasi ini dipaketkan ke dalam komputer produk Apple, yaitu Macintosh.

Aplikasi Komputer
Aplikasi komputer adalah program komputer yang dibuat untuk melakukan tugas tertentu. Beberapa jenis kegunaan program dan contohnya adalah :
  • Aplikasi Perkantoran atau Office: untuk menunjang tugas administratif perkantoran. Di antaranya Microsoft Office dan OpenOffice. Aplikasi Office biasanya berupa beberapa aplikasi yang dikemas menjadi satu. Adapun aplikasi-aplikasi yang dikemas di dalam aplikasi Office antara lain: 1.  Aplikasi Pengolah Kata, contoh Microsoft 2. Aplikasi Pengolah Angka, contoh Microsoft Excel.3. Aplikasi Pengolah Basis Data, contoh Microsoft 4. Aplikasi Pengolah Presentasi, contoh Microsoft Powerpoint

                                                                               

0 komentar:

Posting Komentar